Cara diet sehat ala Kak Dulce

ducil (d) : Sehubungan dengan posting yang sebelumnya, reporter ducil mengadakan wawancara *eksklusip* dengan Kak Dulce. Mengapa? Karena Kak Dulce sepanjang hidupnya belum pernah kelebihan berat badan. Apa rahasianya?

Kak Dulce (KD): Waktu kecil  aku susah makan *jangan ditiru yaaa adek adek*, waktu gede aku suka makan semua makanan secukupnya.

d : Lah terus dimana rahasianya?

KD : Rahasianya di kata-kata SECUKUPNYA itu tadi. Kita harus makan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Perhatikan aktifitas kamu, kalau kamu beraktifitas berat, boleh makan lebih banyak, kalau kamu nganggur ngangur, boleh makannya dikurangin. Tapi harus selalu makan teratur. Jangan sampai nggak sarapan,makan siang, malam lho.

d : Lah kalo misalnya orangnya gendut gimana? Gitu doang cukup?

KD : Wooo, tentu aja nggak cukup. Pertama tama kamu harus tahu dulu , kira kira apa penyebab kamu gemuk? Apakah karena sering ngemil sambil nonton tivi? Atau karena kamu sering nonton sambil ngemil tivi?

d : Seriuus dong kak!

KD : Iya serius! Cari dulu penyebab dari kegemukannya. Ada orang gendut karena kebanyakan makan, ada yang karena kurang olah raga, ada yang karena keturunan (keluarganya juga gemuk), ada yang karena sakit atau kondisi tertentu di dalam tubuhnya. Cek dulu, okeh? 

d: Kalo kebanyakan makan gimana dong?

KD : Itu sih yang paling sederhana, dan harusnya sih, gampang ngurusinnya. Caranya :  pelan pelan kurangin porsi makan kamu, sesuai dengan kebutuhan kalori makhluk-makhluk seusiamu. Usahakan olahraga teratur, terus makan harus teratur juga dan minum air putih! 

d: Nah kalo karena faktor keturunan atau kondisi tertentu?

KD: Kalo ini, sebaiknya tanya ke dokter gizi! Karena ada faktor-faktor dalam tubuh yang beda sama orang lain, jadi bikin lebih mudah gemuk. Mungkin ada makanan tertentu yang perlu kamu hindari? Temen aku dulu ada yang udah diet abis-abisan tapi belom bisa kurus juga. Yang ada malah lemes dan sakit sakitan. Mengapa? Karena ternyata bukan itu cara dietnya. Ada satu zat tertentu yang tertimbun di badannya dia yang bikin berat badannya gak bisa turun , dan cuma ahli gizi yang tau.

d : Ada tips lainnya nggak, kak?

KD : Ada. Pertama, makan secara teratur dalam porsi secukupnya. Kalau kita makan teratur tubuh kita tahu bahwa nanti bakal ada gizi yang masuk lagi, jadi dia nggak menyimpan cadangan lemak dalam tubuh kita, malahan membakar lebih cepat. Nanti kan ada makanan lagi.

d : terus?

KD: Kedua, olahraga rutin. Nggak harus selalu pergi ke fitness yang bayar mahal. Jalan kaki keliling komplek juga udah termasuk olah raga kok. Tapi kalau kamu lagi diet dari berat badan yang berat banget, mungkin kamu perlu olahraga yang agak berat ya.

d : terus terus?

KD: Ketiga, makan pakai piring yang lebih kecil. Ini permainan  ilusi. Makanan jadi kelihatan sedikit di piring besar dan kelihatan banyak di piring kecil. Makanya makanlah pake piring kecil supaya porsi makan kamu nggak kebanyakan, dan ingat makanan kamu harus bergizi yaa.

d : Oke gitu aja laporan dari reporter ducil! Kalau ada yang mau tanya atau kasih tips tips lainnya bisa ditulis di tempat komen-komen di bawah ini.  Jangan lupa tweet! Like! Sebarkan kepada dunia!

Diet oh diet, perlukah kita diet? (Part 2)

Diet berdasarkan caranya  (+ hasilnya):

1. Diet nggak makan nasi, nggak minum susu, nggak makan ini dan nggak minum itu

Diet yang model model gini seringkali ngawur. Asal nggak makan ini dan itu yang katanya bisa bikin gendut. Tapi tunggu dulu, cek dulu, berapa umur kamu? Masih dalam masa pertumbuhankah? Kalo iya maka kamu harus pikir-pikir lagi untuk diet yang ginian, karena kamu masih tumbuh dan butuh nutrisi yang cukup. Jangan sembarangan gak mau makan ini dan itu. (Kecuali kamu alergi *alergi beneran lho, bukan gak doyan terus ngaku ngaku alergi*)  Nanti bukannya jadi kurus, kamu malah jadi sakit dan nggak tumbuh tinggi. Nggak mau kan?
Hasil : belum tentu jadi kurus, malahan beresiko sakit, kurang gizi, lemes dan nggak tumbuh sehat

2. Diet kalo makanannya gak enak/bukan favorit kamu

Ini nih, temennya Kak Dulce ada yang dietnya jenis ini, diet musiman. Diet yang kalo ada makanan favoritnya langsung makan banyak semaunya, kalo udah gitu di kesempatan lain kalo bukan makanan favoritnya langsung diet abis abisan, makanan sepiring dimakan dua sendok *kasian kan pak tani yang udah susah susah menananam padi* terus kadang kadang nggak mau makan malam dengan alasan lagi diet. *berarti makanan malem itu kurang enak*
Hasil: berat badan naik dan turun sesuai siklus datang dan perginya makanan favorit.

3. Diet pakai obat-obatan

Makan pil pelangsing, obat pencahar, teh pelangsing, jamu galian singset, banyak banget produk di pasaran yang katanya sih, dengan makan itu berat badan bakalan turun. Tapi cek dulu kebenarannya, dan efek sampingnya. Ada obat obatan yang mengandung zat berbahaya, membuang zat yang di butuhkan tubuh, atau yang menyebabkan ketergantungan.  Walaupun, ada juga obat atau suplemen yang tidak berbahaya, makanya selalu cek dulu sebelum minum.
Hasil : bisa kurus kalau obatnya manjur, tapi hati hati dengan efek samping obat obatan tertentu.

4. Diet nggak makan berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun tahun

Yang ini jangan dilakukan deh! Karena kamu bisa sakit, temanku. Malahan kamu bisa mati. MATI! Plis sebelum kamu melakukannya, inget baik-baik ayah, bunda, adek, kakak, temen-temen, boneka, dan hewan hewan peliharaan kamu *kalo kamu mati, siapa yang kasih makan akyuu*

Hasil: mendadak kurus, terus sakit, terus mati *hiiiy syeraaaaam*

Oleh karena itu kawan-kawan tralala, diet bolehlah diet kalau tujuan kita baik, dan caranya juga bener. Supaya kita bisa langsing dan sehat selalu, bukan langsing musiman, maupun langsing penyakitan.

Tapi gimana caranyaaa?  Tunggu lanjutannya yaaaaa…

*Jangan lupa komen komen di bawah sini cerita-cerita dong kamu diet yang mana? dan juga tweet! Like! Sebarkan kepada dunia!*

Diet oh diet, perlukah kita diet?

Temen temen ducil suka ngatain ducil gendut!

Terus nyuruh ducil buat diet supaya bisa langsing kayak Aa Shaun. Padahal temen temen ducil pada nggak tahu, bahwa gendutnya ducil itu semua cuma bulu! Aslinya ducil itu langsing abis! Coba liat gambar di bawah ini.

ducil singset

*jadi kalo ducil mau langsing tinggal cukur semua bulu aja. Tapi ducil gak mau, ducil takut bugil, terus kena UU anti pornografi*

Well, sobat tralala, tapi yang namanya diet-dietan ini emang sering jadi perhatian anak muda jaman sekarang (kecuali kamu cuek banget atau sudah tidak muda lagi). Diet-dietan inipun macem macem tujuannya, caranya, dan hasilnya. Yuk kita bahas satu satu.

Diet berdasarkan tujuannya (+tingkat motivasi):

1. Diet supaya dapet pacar cakep

Inilah tujuan diet yang seringkali dilakukan anak muda. Terutama yang mulai remaja dan ingin mencari jodohnya. Cewek cewek mau badannya langsing seperti boneka Barbie. Cowok cowok mau jadi kurus kayak Ken, syukur-syukur berotot dikit. Semuanya demi mencari pacar yang juga langsing dan keren.
Tingkat motivasi : sebanding dengan motivasi kamu mencari pacar.

2. Diet supaya mama senang

Orangtua kita adalah orang orang yang biasanya selalu menerima kita apa adanya, tetapi jika bunda sudah bicara , “Anakku, diet dong plisss~” maka pasti ada sesuatu yang sudah sangat mengganggu kesehatan kamu. Baik kesehatan fisik (awas!bahaya diabetes dan kolesterol!), maupun kesehatan kantong (baju ukuran besar lebih mahal euy!). Maka jika bunda sudah bicara,“Pliss~diet dong”
Tingkat motivasi : sejajar dengan pengaruh ibu kamu dalam kehidupanmu *pukpuk*

3. Diet supaya nggak dibully lagi

Nah ini dia, punya badan yang ndut bikin kita sering digodain, digangguin sama temen-temen. Perutnya diunyel-unyel, tangannya dibanding-bandingin ama paha, pahanya dibanding-bandingin sama guling. Jahat banget kan?

Pesan buat para pem-bully  plis STOP! Si Ndut juga manusia! Punya rasa punya hati *nyanyiin pake nada lagunya seurieus*

Maka si Ndut berniat jadi kurus, supaya nggak dibully lagi!
Tingkat motivasi: tergantung tingkat gangguan dan tingkat sakit hatimu *sakit banget ducil dibilang gendut, sakiiiit*

4. Diet supaya hidup sehat / gak gampang sakit

Awas! Obesitas, kalau kamu kelebihan berat badan apalagi sampai berat banget, kamu harus hati hati sama resiko penyakit penyakit macem diabetes, asam urat, penyakit jantung, dan banyak lagi. Maka diet jadi sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik, kesehatan kantong, dan kesehatan asmara *lihat poin nomer 1*
Tingkat motivasi : Sebanding dengan perhatian kamu tentang perlunya hidup sehat.

5. Diet supaya tambah gemuk

Loh yang lain pengen kurus, kok ini pengen gendut? Yepyep, istilah diet memang berlaku juga buat makhluk-makhluk lunglit1  yang ingin menambah berat badannya agar tidak lagi dianggap kekurusan. Kalo kesenggol bakal remuk seketika dan mendadak hilang  kalau ada angin kencang.
Tingkat motivasi : setara dengan musibah aneh  yang sudah sering kamu alami *ketiup angin*

1lunglit = balung kulit (Jawa) = tulang kulit (Indonesia)

Mengapa ducil menulis?

ducil bosen di kamar.

Dari jaman Kak Dulce jalan-jalan dan main ama temen-temennya, sampai jaman Kak Dulce pergi-pergi ketemu kliennya, ducil ditinggal di kamar. Sedih banget kan ya?

ducil pengen curhat, pengen cerita, tapi temen-temen ducil di kamar kurang gaul semua. Terus ducil mesti gimanaaa?

Iseng-iseng ducil buka laptop terus baca baca blognya orang-orang.Lucu-lucu, seru-seru, ducil juga mau nulis-nulis gitu.

Jadi ducil akhirnya bikin blog sendiri aja. Tempat ducil bisa cerita, coret-coret, komen-komen, pokoknya bikin dunia tralala ducil di alam virtual deh.

Walaupun tulisan tulisan ducil belum bagus, mulai hari ini ducil akan berusaha rajin menulis tentang apa aja yang terjadi dalam kehidupan ducil dan Kak Dulce, pokoknya apa apa aja yang menurut ducil seru deh.

Moga-moga melalui tulis menulis ini, ducil bisa banyak temen, lebih sering diajak jalan-jalan *apalagi jalan jalan gratis, ducil suka banget* dan tulisan ducil bisa menjadi berkat buat banyak orang. Amiiinn~

Sobat sobat tralala semuanya. Selamat datang di blognya ducil!

Besok mampir-mampir lagi yaa~

sementara main sama ikan dulu yaaa

%d blogger menyukai ini: