Cara diet sehat ala Kak Dulce

ducil (d) : Sehubungan dengan posting yang sebelumnya, reporter ducil mengadakan wawancara *eksklusip* dengan Kak Dulce. Mengapa? Karena Kak Dulce sepanjang hidupnya belum pernah kelebihan berat badan. Apa rahasianya?

Kak Dulce (KD): Waktu kecil  aku susah makan *jangan ditiru yaaa adek adek*, waktu gede aku suka makan semua makanan secukupnya.

d : Lah terus dimana rahasianya?

KD : Rahasianya di kata-kata SECUKUPNYA itu tadi. Kita harus makan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Perhatikan aktifitas kamu, kalau kamu beraktifitas berat, boleh makan lebih banyak, kalau kamu nganggur ngangur, boleh makannya dikurangin. Tapi harus selalu makan teratur. Jangan sampai nggak sarapan,makan siang, malam lho.

d : Lah kalo misalnya orangnya gendut gimana? Gitu doang cukup?

KD : Wooo, tentu aja nggak cukup. Pertama tama kamu harus tahu dulu , kira kira apa penyebab kamu gemuk? Apakah karena sering ngemil sambil nonton tivi? Atau karena kamu sering nonton sambil ngemil tivi?

d : Seriuus dong kak!

KD : Iya serius! Cari dulu penyebab dari kegemukannya. Ada orang gendut karena kebanyakan makan, ada yang karena kurang olah raga, ada yang karena keturunan (keluarganya juga gemuk), ada yang karena sakit atau kondisi tertentu di dalam tubuhnya. Cek dulu, okeh? 

d: Kalo kebanyakan makan gimana dong?

KD : Itu sih yang paling sederhana, dan harusnya sih, gampang ngurusinnya. Caranya :  pelan pelan kurangin porsi makan kamu, sesuai dengan kebutuhan kalori makhluk-makhluk seusiamu. Usahakan olahraga teratur, terus makan harus teratur juga dan minum air putih! 

d: Nah kalo karena faktor keturunan atau kondisi tertentu?

KD: Kalo ini, sebaiknya tanya ke dokter gizi! Karena ada faktor-faktor dalam tubuh yang beda sama orang lain, jadi bikin lebih mudah gemuk. Mungkin ada makanan tertentu yang perlu kamu hindari? Temen aku dulu ada yang udah diet abis-abisan tapi belom bisa kurus juga. Yang ada malah lemes dan sakit sakitan. Mengapa? Karena ternyata bukan itu cara dietnya. Ada satu zat tertentu yang tertimbun di badannya dia yang bikin berat badannya gak bisa turun , dan cuma ahli gizi yang tau.

d : Ada tips lainnya nggak, kak?

KD : Ada. Pertama, makan secara teratur dalam porsi secukupnya. Kalau kita makan teratur tubuh kita tahu bahwa nanti bakal ada gizi yang masuk lagi, jadi dia nggak menyimpan cadangan lemak dalam tubuh kita, malahan membakar lebih cepat. Nanti kan ada makanan lagi.

d : terus?

KD: Kedua, olahraga rutin. Nggak harus selalu pergi ke fitness yang bayar mahal. Jalan kaki keliling komplek juga udah termasuk olah raga kok. Tapi kalau kamu lagi diet dari berat badan yang berat banget, mungkin kamu perlu olahraga yang agak berat ya.

d : terus terus?

KD: Ketiga, makan pakai piring yang lebih kecil. Ini permainan  ilusi. Makanan jadi kelihatan sedikit di piring besar dan kelihatan banyak di piring kecil. Makanya makanlah pake piring kecil supaya porsi makan kamu nggak kebanyakan, dan ingat makanan kamu harus bergizi yaa.

d : Oke gitu aja laporan dari reporter ducil! Kalau ada yang mau tanya atau kasih tips tips lainnya bisa ditulis di tempat komen-komen di bawah ini.  Jangan lupa tweet! Like! Sebarkan kepada dunia!

Iklan

Mengapa ducil menulis?

ducil bosen di kamar.

Dari jaman Kak Dulce jalan-jalan dan main ama temen-temennya, sampai jaman Kak Dulce pergi-pergi ketemu kliennya, ducil ditinggal di kamar. Sedih banget kan ya?

ducil pengen curhat, pengen cerita, tapi temen-temen ducil di kamar kurang gaul semua. Terus ducil mesti gimanaaa?

Iseng-iseng ducil buka laptop terus baca baca blognya orang-orang.Lucu-lucu, seru-seru, ducil juga mau nulis-nulis gitu.

Jadi ducil akhirnya bikin blog sendiri aja. Tempat ducil bisa cerita, coret-coret, komen-komen, pokoknya bikin dunia tralala ducil di alam virtual deh.

Walaupun tulisan tulisan ducil belum bagus, mulai hari ini ducil akan berusaha rajin menulis tentang apa aja yang terjadi dalam kehidupan ducil dan Kak Dulce, pokoknya apa apa aja yang menurut ducil seru deh.

Moga-moga melalui tulis menulis ini, ducil bisa banyak temen, lebih sering diajak jalan-jalan *apalagi jalan jalan gratis, ducil suka banget* dan tulisan ducil bisa menjadi berkat buat banyak orang. Amiiinn~

Sobat sobat tralala semuanya. Selamat datang di blognya ducil!

Besok mampir-mampir lagi yaa~

sementara main sama ikan dulu yaaa

%d blogger menyukai ini: